A. Struktur Organisasi
Didefinisikan sebagai mekanisme-mekanisme formal organisasi diolah. Struktur ini terdiri dari unsur spesialisasi kerja, standarisasi, koordinasi, sentralisasi atau desentralisasi dalam pembuatan keputusan dan ukuran satuan kerja.
Faktor-faktor yang menentukan perancangan struktur organisasi yaitu :
· Strategi organisasi pencapaian tujuan.
· Perbedaan teknologi yang digunakan untuk memproduksi output akan membedakan bentuk struktur organisasi.
· Kemampuan dan cara berpikir para anggota serta kebutuhan mereka juga lingkungan sekitarnya perlu dipertimbangkan dalam penyusunan struktur perusahaan.
· Besarnya organisasi dan satuan kerjanya mempengaruhi struktur organisasi.
Unsur-unsur struktur organisasi terdiri dari :
· Spesialisasi kegiatan
· Koordinasi kegiatan
· Standarisasi kegiatan
· Sentralisasi dan desentralisasi pembuatan keputusan
· Ukuran satuan kerja
B. TIPE ORGANISASI
· Piramida Mendatar
o Jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit.
o Jumlah pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak
o Format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil, di negara kita bisa kita dilihat dari segi organisasi kemiliteran contohnya.
· Piramida Terbalik
o Jumlah satuan organisasi tidak sedikit sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan banyak.
o Jumlah pekerja (atasan) yang harus dikendalikan cukup banyak
o Format jabatan untuk tingkat pimpinan banyak karena jumlah pimpinan relatif besar.
Organisasi ini hanya cocok untuk organisasi-organisasi yang pengangkatan pegawainya berdasarkan atas jabatan fungsional seperti organisasi-organisasi/ lembaga-lembaga penelitian, lembaga-lembaga pendidikan.
· Kerucut
o Jumlah satuan organisasi banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki / kewenangan juga banyak.
o Rentang kendali sempit.
o Pelimpahan wewenang dan tanggung jawab kepada penjabat / pimpinan yang bawah / rendah
o Jarak antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh.
o Jumlah informasi jabatan cukup besar.
C. Bentuk Organisasi
Memandang organisasi dari segi tata hubungan, wewenang san tanggung yang ada oleh organisasi.
Bentuk-bentuk organisasi :
· Bentuk Organisasi Staff
· Bentuk Organisasi Lini
· Bentuk Organisasi Fungsional
· Bentuk Organisasi Fungsional & Lini
· Bentuk Organisasi Fungsional & Staff
· Bentuk Organisasi Lini & Staff
Struktur atau Skema Organisasi
Struktur atau skema organisasi yaitu satuan organisasi yang mempunyai hubungan dan saluran wewenang dan tanggung jawab yang ada dalam organisasi.
Rangkuman
Pengertian tipe organisasi sering disamakan dengan bentuk organisasi, padahal keduanya berbeda. Menurut tipenya organisasi dibedakan menjadi dua macam, yaitu organisasi dengan tipe piramid dan organisasi dengan tipe kerucut. Bentuk organisasi memandang dari segi tata hubungan, wewenang (authority) , dan tanggung jawab (Responsbility) yang ada dalam suatu organisasi.