Terkadang perusahaan yang mengalami keuntungan dalam jangka pendek justru akan menuai kebangkrutan dalam jangka panjang, sebaliknya perusahaan yang dalam jangka pendek mengalami kerugian justru akan mendapatkan manfaat dalam jangka panjang. Hal ini tentu saja berhubungan dengan rencana stategis perusahaan.bila perusahaan hanya menghasilkan barang (atau jasa) yang bersifat konsumsi jangka pendek maka strategis bisnis biasanya bersifat jangka pendek (Hit and Run). Produk konsumsi jangka pendek misalnya termasuk hampir semua produk primer, sedangkan bila perusahaan menghasilkan produk konsumsi sekunder, maka strategi bisnis yang digunakan biasanya bersifat jangka panjang. Produk (jasa) jangka panjang misalnya produk teknologi informasi dan jasa konsultasi.
(cobalah amati dan baca bagaimana persaingan antara flight carrier (perusahaan penerbangan ) di Indonesia dalam mengenakan harga tiket atau penumpang, atau serunya pertarungan dibidang jasa telekomunikasi nirkabel (wireless) baik CDMA maupun GSM, sampai-sampai ada perusahaan yang menggratiskan percakapan, sms dan handset).